Download Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Lengkap Dengan Cara Regristrasi

Ngintip sekolah - Ditjen PMP kembali rilis aplikasi EDS Dikdasmen untuk versi covid-19. Dalam rangka pengumpulan data Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tahun 2020 di masa darurat Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Prosedur pengumpulan data telah mengalami penyesuaian agar efektif digunakan di masa darurat pandemi Covid-19, diantaranya sebagai berikut:

Eds PMP 2020 Covid-19

Instrumen disusun mengacu pada standar nasional pendidikan dan kebijakan penyelenggaraan pendidikan selama masa darurat Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) dan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa darurat COVID-19.

Responden EDS tahun 2020 adalah Kepala Sekolah dan Guru.

Bagi sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah (BDR), responden dapat melakukan pengisian instrumen menggunakan Aplikasi Offline Surveys melalui ponsel Android. Hasil pengisian instrumen dikirim kepada operator sekolah menggunakan media daring untuk diunggah pada Aplikasi EDS 2020 Covid-19.

Operator sekolah berperan sebagai terminal data, dengan memastikan hasil pengisian instrumen dari responden masuk ke Aplikasi EDS. Setelah progres data lengkap, operator sekolah melakukan sinkronisasi data EDS.

Pengawas sekolah melakukan supervisi penjaminan mutu pendidikan pada sekolah binaannya melalui Aplikasi e-Supervisi Mutu versi Android yang dapat diunduh di google play store

Sasaran pengumpulan data mutu menggunakan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 adalah satuan pendidikan SD, SMP, SMA, SPK, dan SLB. Adapun untuk pengumpulan data mutu satuan pendidikan SMK dikelola oleh Ditjen Vokasi. Untuk kesempatan rilis saat ini Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sudah dapat digunakan oleh satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Untuk satuan pendidikan SPK dan SLB akan diakomodasi pada kesempatan rilis tahap selanjutnya.

Pembaruan EDS 2020 Covid-19

Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam 2 tahap. Tahap-1 akan dirilis installer dengan fokus tujuan pada pengumpulan data EDS. Tahap-2 akan dirilis patch untuk penghitungan rapor mutu. Berikut daftar pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 pada tahap-1:

  1. Pembaruan instrumen tahun 2020
  2. Perubahan jenis dan jumlah responden
  3. Mekanisme registrasi menggunakan tarik data dari Aplikasi Dapodik Sekolah
  4. Import file pengisian instrumen dari Aplikasi Offline Surveys
  5. Konfigurasi akses aplikasi EDS menggunakan jaringan lokal/internet

Cara Intal Aplikasi EDS 2020 Covid-19 

Aplikasi EDS Covid 2020 Covid - 19 dirilis dalam bentuk installer. Sekolah wajib melakukan uninstall aplikasi EDS versi sebelumnya terlebih dahulu. Untuk kelancaran installasi dan penggunaan Aplikasi EDS Covid 19 sekolah diharapkan memperhatikan panduan teknis sebagai berikut:

  1. Pastikan Aplikasi Dapodik versi terbaru sudah terinstal.
  2. Hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya (Aplikasi EDS versi 2020.08.17)
  3. Diharuskan untuk melakukan restart komputer untuk melengkapi proses hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya.
  4. Instal aplikasi EDS 2020 Covid-19 sampai selesai. Aplikasi dapat diunduh di sini.
  5. Lakukan registrasi dengan memilih salah satu cara registrasi
  6. Registrasi dengan Dapodik lokal. Proses registrasi ini menarik data dari Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer milik sekolah. Proses registrasi tidak memerlukan koneksi internet (Offline)
  7. Registrasi dengan prefill EDS. Proses registrasi ini mengambil data dari server EDS menggunakan mekanisme prefill. Prefill dapat diunduh pada menu unduhan di laman PMP. Registrasi menggunakan prefill disarankan bagi sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data EDS


Cara Regristrasi EDS 2020 Covid 19

Setelah berhasil melakukan instal aplikasi EDS 2020 selanjutnya adalah melakukan regristrasi yang dapat di lakukan dengan 2 cara : 
1. Regristrasi dengan dapodik lokal ; yaitu mengambil data dari database yang ada di aplikasi dapodikdasmen yang sudah terinstal
2. Regristrasi dengan dengan prefiill yaitu dengan cara mendownload prefill PMP dan melakukan regristrasi seperti biasanya.

Regristrasi dengan dapodik local
1. Buka Aplikasi pmp
2. Pilih Regristrasi dengan dapodik lokal
Regristrasi PMP

3. masukan NPSN sebagai username dan kode regristrasi dapodik sebagai password
Metode regristrasi

4. Pilih " Tarik Data "
Mengakhiri regristrasi

5. Tunggu proses tarik data sampai selesai.
Proses regristrasi PMP 2020

6. Jika sudah akan muncul seperti gambar di bawah, kemudian " Tutup "
Regristrasi selesai

7 . Trakir masuk dengan akun dapodik dan isi kuisioner 

Demikian pembahasan seputar aplikasi EDS PMP 2020 covid 19 semoga dapat bermamfaat. selamat mengerjakan.

1 comment for "Download Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Lengkap Dengan Cara Regristrasi"