Cara Mengatasi PTK Ganda Tidak Terverifikasi Pada Aplikasi Dapodik 2021

Ngintip Sekolah - Aplikasi Dapodikdasmen 2021 memang banyak sekali kendala terutama dalam melakukan verifikasi akun ptk yang ada di manajemen sp.datadik.kemdikbud.go.id. verifikasi akun ptk wajib dilakukan, karena jika setiap PTK tidak melakukan verifikasi keaktifan pada manajemen akan di hapus dari database dapodik.

Akun dapodik

Verifikasi Akun GTK

Verifikasi akun ptk dapat kalian lakukan setelah membuat username dan password pada manajemen datadik yang baru. dengan menggunakan email yang aktif untuk cara melakukan verifikasi akun dapat kalian baca pada halaman berikut Cara Verifikasi Akun PTK

Akun PTK Ganda Pada Manajemen Datadik

Akun sudah di verifikasi namun setelah melakukan sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdasmen 2021, Ketika Anda login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ terdapat ptk yang ganda, yang satu sudah terverifikasi dan satu belum terverifikasi seperti pada gambar di bawah ini.

Akun email tidak sama

Pada aplikasi dapodik ptk juga masih belum terverifikasi seperti gamabr di bawah ini :
Akun PTK dapodik

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain :

1. Email yang ada di dapodik tidak sama dengan akun yang ada di manajemen datadik, maksudnya kalian melakukan regristrasi aplikasi dapodik sebelum melakukukan verifikasi akun PTK.

2. Menganti email langsung melalui manajemen datadik dan tidak menggantinya pada aplikasi dapodik, hal ini bisa berpengaruh pada saat sinkronisasi , data yang masuk pada server bisa ganda.

Cara Verifikasi Akun PTK danda yang belum terverifikasi

Untuk mengatasi permasalahan pada PTK ganda yang masih belum terverifikasi di aplikasi dapodik, tetapi di manajemen datadik sudah terverifikasi, kalian dapat melakukan langkah - langkah berikut ini :

1. Uninstal aplikasi dapodikdasmen.

2. masuk pada manajemen pada alamat https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/.

3. Login dengan akun operator sekolah.

4. Pada menu beranda pilih Akun dan tampilkan semua akun.

5. Pilih edit ( klik gambar pensil di sebelah kanan ).

KLik edit

6. pada akun gtk yg ganda , yg belum terverifikasi ,ganti email tersebut sama persis dengan email ptk yg sudah terverifikasi.

edit akun ptk

7.  kemudian "update"

Akun ganda
Langkah selanjutnya adalah mengintal kembali aplikasi dapodikdasmen dan melakukan regristrasi ulang seperti biasanya. Secara otomatis akun PTK ganda yang belum terverifikasi sebelumnya akan berubah menjadi sudah terverifikasi.
Sudah terverifikasi

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatasi PTK Ganda Yang Tidak Terverifikasi Pada Aplikasi Dapodik 2021 semoga dapat bermamfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi PTK Ganda Tidak Terverifikasi Pada Aplikasi Dapodik 2021"