Cara Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2021

Ngintip sekolah - Setelah rilis aplikasi Dapodikdasmen versi 2021 langkah awal sebelum melakukan regristrasi aplikasi terlebih dulu sertiap PTK harus melakukan verifikasi Akun yang terdapat pada manajemen Dapodik.
Verifikasi akun PTK

Cara ini dilakukan karena adanya cleanshing oleh kemdikbud, hal ini dilakukan karena untuk mengetahui akun PTK yang terdaftar pada manajemen Dapodik di ketahui masih aktif. Jadi setiap PTK wajib  melakukan Verifikasi akun manual melalui Manajemen.

Buat Akun Melalui Manajemen Dapodik

PTK yang belum melakukan verifikasi akun akan ditandai dengan tanda merah pada aplikasi Dapodik, dan tidak dapat melakukan login pada aplikasi dapodikdasmen. 

Sebelum melakukan verifikasi akun pastikan email yang terdaftar aktif dan dapat menerika kode verifikasi.jika memang email tidak aktif kalian bisa mengganti melalui manajemen dapodik menggunakan akun operator sekolah.

Jika mengganti email melalui manajemen datadik, kalian harus merubah juga email yang terdapat pada aplikasi dapodikdasmen, agar pada saat sinkronisasi data yang masuk pada manajemen datadik tidak menjadi PTK ganda.

Langkah - langkah verifikasi akun ptk mandiri sebagai berikut :

Kemudian login menggunakan SSO 
Masuk menggunakan akun PTK yang sudah di buat melalui manajemen Dapodik
Akun PTK
Jika Berhasil masuk ke menu beranda – Biodata – Akun 
Menu akun
Kemudian Pilih Verifikasi sekarang
Verifikasi Akun PTK
  
Akan muncul alamat email, pastikan email masih aktif dan dapat di gunakan untuk menerima kode verifikasi ( jika tidak bisa mengganti akun yang masih aktif pada manajemen dapodik ).
Lanjutkan

Kemudian lanjutkan
Lihat kotak masuk pada email
Email Konfirmasi
kemudian masukan kode verifikasi dan simpan
Simpan kode verifikasi
Dengan demikian Akun anda sudah di verifikasi sebagai akun yang aktif di aplikasi dapodikdasmen,
Untuk melihat hasilnya kalian masuk pada menu akun dan pastikan status sudah terverifikasi. Jika PTK terdeteksi ganda kalian bisa membaca caranya disini Mengatasi PTK Ganda Tidak Terverifikasi Pada Aplikasi Dapodik 2021
Akun
Demikian cara melakukan verifikasi akun PTK secara mandiri , semoga dapat bermamfaan , terima kasih ,

Post a Comment for "Cara Verifikasi Akun PTK Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2021"