Aplikasi PKG Dan PKKS Guru Paud/TK Tahun 2020

Aplikasi PKG Paud 2020 - Dalam kesempatan kali ini Admin berbagi aplikasi Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) Paud terbaru tahun 2020 yang di lengkapi dengan skor penilaian dalam format excel.
Aplikasi PKG dan PKKS PAud 2020

PKG (Penilaian kerja guru) sendiri berfungsi sebagai rekapan nilai kemampuan guru dalam dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar, pembinaan, atau bisa pula pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah atau madrasah.

Fungsi Penilaian Kinerja Guru ( PKG )

Dalam satu tahun pelajaran, sekurang-kurangnya pelaksanaan penilaian kinerja sebanyak dua kali yakni awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Artinya, setiap semester guru akan dinilai kinerjanya. Jabatan fungsional Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai: ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah :
  1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut.
  3. Penilaian terhadap guru dilakukan oleh Kepala Sekolah atau Guru Pembina yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah.
Syarat-Syarat penilai PKG :
  1. Menduduki jabatan/pangkat paling rendah sama dengan jabatan/pangkat guru/ kepala sekolah yang dinilai.
  2. Memiliki sertifikat pendidik.
  3. Memiliki latar belakang yang sesuai dan menguasai bidang kajian guru/kepala sekolah yang akan dinilai.
  4. Memiliki komitmen yang tinggi untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
  5. Memiliki integritas diri, jujur, adil, dan terbuka.
  6. Memahami PK Guru dan dinyatakan memiliki keahlian serta mampu untuk menilai kinerja guru/kepala sekolah

Penilaian Kinerja Menggunakan Aplikasi Berbasis Excel

Untuk mempermudah dalam penilaian di perlukan aplikasi PKG seperti yang admin bagikan berikut ini. aplikasi dalam bentuk excel ini sangat mudah di gunakan dan sudah dilengkapi dengan unsur skor dalam penilaian. Bagi bapak ibu yang ingin mendapatkan aplikasi dapat download melalui link di bawah ini :
APLIKASI PKG DAN PKKS PAUD

Demikian pembahasan seputar Aplikasi Penilaian Guru dan Kepala Sekolah Paud tahun 2020, semoga dapat bermamfaat terima kasih.

2 comments for "Aplikasi PKG Dan PKKS Guru Paud/TK Tahun 2020"

  1. PKKS 3 , pertanyaan no. 5 skornya tidak bisa melingkar, berapapun nilai yang diisi...mohon solusi, terima kasih

    ReplyDelete