Contoh RKAS Sesuai Dengan Juknis BOS Tahun 2020

Ngintip sekolah - Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi file Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah ( RKAS ) dalam bentuk excel, yang mudah sesuai dengan juknis Bos serta salinan permendikbud nomor 8 tahun 2020.
RKAS format excel sesuai juknis bos 2020

Apa itu RKAS

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yang selanjutnya disingkat RKAS adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategis ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh Sekolah.

Dalam ketentuanya semua RKAS penerima BOS Reguler disahkan oleh kepala dinas yang menangani urusan pendidikan sesuai kewenangan atau sesuai dengan tim manajemen bos yang sudah di tetapkan.

Setiap pembiayaan yang di gunakan dalam mengelola sekolah baik SD, SMP dan SMA di sesuaikan penggunaan dana BOS Reguler di Sekolah dimasukkan dalam RKAS yang telah disahkan oleh kepala dinas yang menangani urusan pendidikan

Penyusunan RKAS Sesuai Juknis Bos 2020

Pemenyusun RKAS mengacu pada prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan dana BOS Reguler. sehingga setiap sekolah wajib memberikan penjelasan kepada seluruh aspek yang mencakup pendidikan.

Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah ( RKAS ) juga di lampirkan RAPBS Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah yang wajib mencakup 8 standar pendidikan diantaranya sebagi berikut : 
  1. Pengembangan Kompetensi Lulusan
  2. Pengembangan Standart Isi
  3. Pengembangan Standar Proses
  4. Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah
  6. Pengembangan Standart Pengelolaan
  7. Pengembangan Standart Pembiayaan
  8. Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian
Setiap cakupan standart pendidikan terdapat 12 aspek pengeluaran pendidikan yang dimana setiap pengeluran di dasarkan rincian penggunaan yang di tetapkan dalam Juknis  Bos 2020.

Download Contoh RKAS

Dibawah ini ada contoh 3 ( tiga ) file yang berisi Aplikasi Terbaru Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2020 untuk Semua Jenjang Sekolah dengan Microsoft Excel. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat . Silahkan dapatkan filenya pada link download dibawah ini:

RKAS 2020 Versi 1 ( Unduh )
RKAS 2020 Versi 2 ( Unduh )
RKAS 2020 Versi 3 ( Unduh )


Penutup

Demikian Pembahasan tentang Contoh RKAS Sesuai Dengan Juknis BOS Tahun 2020 semoga dapat bermamfaat.

Post a Comment for "Contoh RKAS Sesuai Dengan Juknis BOS Tahun 2020"