Batas Akhir Sinkronisasi Dapodikdasmen Untuk Cut OFF BOS Tribulan 1 Tahun 2019

Ngintip sekolah kali ini akan membagikan berita yang disampaikan oleh ditjen Dikdasmen pada halaman resmi yang mengharapkan semua lembaga sekolah baik itu sekolah dasar dan menengah untuk segera melakukan update data pokok pendidikan dengan melakukan sinkronisasi melalui aplikasi dapodikdasmen.
cut off bos tribulan 1 tahun 2019


Sesuai dengan berita yang telah diberikan terkait pencairan dana BOS pada tribulan 1 ( januari – maret ) akan dilakukan pengambilan data ( cut off ) pada tanggal 15 Desember 2018, pukul 23.59 WIB. Namun setelah dilakukanya pengecekan data pada server dapodikdasmen masih banyak sekali lembaga sekolah yang belum melengkapi data sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak dikdasmen.

Dana BOS Di Ambil Melalui ( cut off ) hasil Sinkronisasi dapodik

Tentu ini akan berpengaruh pada lembaga sekolah yang bersedia untuk menerima dana BOS, karena alokasi Dana Bos tersebut diambil Dari Hasil sinkronisasi dapodikdasmen pada setiap jenjang sekolah dasar maupun menengah.

Validasi setiap data pada aplikasi dapodik berpengaruh pada dana BOS.
Sebelum melakukan sinkronisasi operator sekolah sebaiknya memperhatikan point-point yang sudah ditetapkan sebagai penunjang kelengkapan hasil dari pengambilan data ( cut off ). Seperti yang sudah dijelaskan beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut ini :
  • Data peserta didik yang terhitung merupakan data peserta didik yang terdaftar dalam aplikasi dapodikdasmen semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.
  • Dalam melakukan regristrasi dapodikdasmen 2019 yang baru harus menggunakan prefill baru dan bukan preffil yang lama karena dapat menyebabkan data peserta didik menjadi ganda atau dobel.
  • Setiap rombel yang ada harus diisi lengkap dan benar, meliputi nama peserta didik, jumlah peserta didik, wali kelas dan jumlah jam pembelajaran yang sudah lengkap. Jenis yang dihitung merupakan rombel kelas reguler kelas terbuka, kelas jauh/kecil, untuk kelas extra kurikuler tidak diperhitungkan karena merupakan turunan dari kelas reguler.

Khusus untuk jenjang sekolah menengah Atas , SMA dan SMK wajib memperhatikan pengisian data program pengajaran. Program keahlian dan kompetensi keahlian.

Kelengkapan Data Merupakan Faktor Utama Penentu Dana BOS 2019

Dari hal – hal yang sudah disebutkan diatas operator sekolah di himbau untuk segera melakukan update data sinkronisasi dapodik tidak sampai lewat tanggal 15 Desember 2018 tentu banyak sekali lembaga sekolah yang masih belum melengkapi data yang ada pada aplikasi dapodikdasmen 2019, terutama pada peserta didik.

Seperti kendala yang saya alami sampai saat ini, Masih terdapat kekurangan peserta didik yang belum masuk aplikasi Dapodik, karena untuk dapat masuk dapodik perlu persyaratan yang tidah mudah dan prosesnyapun juga tidak mudah. Semoga dalam pengambilan data ( cut off ) dalam tahapan pencairan yang akan datang dapat di atasi dengan kurangnya peserta didik yang masih belum masuk data verifikasi.

Dalam himbauan resminya juga tertulis bahwa jika data yang data yang diisikan tidak lengkap maka tidak akan terhitung untuk penyaluran dana BOS. Mungkin yang dimaksud kelengkapan yang wajib diisi meliputi data yang masih invalid dan warning seperti pengisian titik koordinat pada setiap perserta didik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Batas Akhir Sinkronisasi Dapodikdasmen Untuk Cut OFF BOS Tribulan 1 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel