Validasi Kelayakan Penerima PIP SD Tahun 2018

PIPSD Atau kepanjangan Dari Program Indonesia Pintar merupakan program dari pemerintah sebagai pemberian dana bantuan siswa miskin/tidak mampu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Pemberian PIPSD atau BSM ini dikelola melalui verifikasi data dari Dapodikdasmen sebagai pengajuan usulan Dana PIPSD.
validasi kelayakan pip sd

Siswa yang telah  disetuji untuk mendapatkan dana bantuan BSM PIPSD ini dapat secara berkala dipantau melalui halaman resmi PIPSD kemdikbud. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mohon bantuan kepada bapak/ibu operator sekolah untuk memvalidasi kembali siswa pip 2017 yang telah kami SK kan. Berkaitan dengan hal tersebut  bapak/ibu atau operators sekolah bisa mengakses menu Validasi di aplikasi PIP SD dan mulai memvalidasi siswa yang masih layak / tidak layak di SK kan di tahun anggaran 2018.

Setiap Operator sekolah diwajibkan untuk memvalidasi kembali siswa yang layak dan tidak layak untuk diajukan PIP, seperti siswa yang telah lulus dan yang telah mutasi dan keluar. Dengan adanya monitoring seperti hal ini dimaksudkan agar mudah memonitor siswa yang layak untuk mendapatkan bantuan siswa PIP.

Bantuan PIPSD setiap siswa mendapatkan RP. 250.000 - RP. 450.000  yang dimana uang tersebut dapat di ambil melalui BRI dengan persyaratan yang telah ditetapkan.
Seperti Menu Informasi yang terdapat pada Dasbor Monitor PIPSD Sebagai Berikut :


  • Sudah Aktifasi : Siswa Sudah melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI 
  • Belum Aktifasi : Siswa belum melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI , Silahkan download data penerima PIP dan untuk siswa yang belum aktifasi diharapkan segera melakukan aktifasi di bank BRI.
  • Belum Rekening : Siswa yang sudah diSK kan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tapi nomor rekeningnya belum Selesai dibuat oleh Bank BRI sehingga siswa ybs belum bisa melakukan pengAktifasian Rekening
Operator sekolah juga dapat memamfaat kan menu unduhan download data , yang berisi siswa-siswa yang mendapatkan BSM PIP yang sudah di SK Kan maupun yang belum. Berikut ini Langkah-langkah nya :
  1. Masuk halaman http://pipsd.kemdikbud.go.id
    Log in paipsd http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
  2. Pilih Opsi Operator sekolah dan login dengan akun dapodikdasmen
    Download keseluruhan data SK pipsd
  3. Pilih Download Data - Download Keseluruhan data - Download Seluruh SK

Validasi Kelayakan PIPSD
  1. Pilih Menu Validasi Data
  2. pada menu aksi sebelah kanan pilih Tidak layak ( untuk siswa yang sudah lulus atau mutasi )
  3. Pilih Konfirmasi
  4. selesai.
Dengan melakukan konfirmasi perubahan layak dan tidak layak otomatis data akan tersimpan sebagai nama-nama siswa yang akan mendapatkan PIPSD tahun 2018. Perubahan ini tidak dapat diubah kembali jika sudah melakukan konfirmasi


Post a Comment for "Validasi Kelayakan Penerima PIP SD Tahun 2018"