7 Langkah Sukses Kirim Data Kuisioner Aplikasi Pemetaan Mutu PMP 2018.07

Menjelang batas waktu pengiriman Pemetaan mutu pendidikan yang menyisakan 23 hari banyak sekolah yang masih belum kirim data melalui aplikasi pemetaan mutu 2018.07. Dari 215.724 sekolah baru 28 % saja yang sudah masuk dalam progres poses pengiriman.
Sukses kirim data kuisioner pmp 2018.07

Hal ini dikarenakan mungkin masih banyaknya lembaga sekolah yang masih menunggu hadirnya aplikasi dapodikdasmen baru tahun ajaran 2018/2019 yang masih akan dirilis sesuai jadwal rilis pertengahan ini. Sebenarnya Pemetaan mutu PMP 2018.07 dapat dikerjakan dengan tersinkronisasi dengan dapodikdasmen tahun sebelumnya dengan versi trakir dapodikdasmen 2018b.2.0.

Dari sekian ratus ribu lembaga sekolah pasti mengalami kendala dalam melakukan pengerjaan aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan, mulai dari proses pemasangan, masuk aplikasi yang gagal, pengisian kuisioner dan gagal dalam proses kirim data. 

Sebenarnya dalam memasang ataupun melakukan pengisian kuisioner dan sampai kirim data pada aplikasi Pemetaan mutu PMP 2018.07 ini tidak perlu trik atau cara kusus agar sukses dalam proses kirim data. Namun ada baiknya dalam melakukan kirim data memeperhatikan hal-hal kecil yang bisa saja memperlambat kinerja dari aplikasi PMP.

Sebelum menyelesaikan pengisian kuisioner Pemetaan Mutu Pendidikan PMP 2018.07 sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut :

Jumlah minimal responden pengisian kuisioner PMP 2018.07

Seperti yang telah di paparkan dalam unduhan berkas kuisioner pengisian aplikasi pmp responden terdiri dari :
  • 1 kepala sekolah yang termasuk dalam akun operator sekolah,
  • 8 Guru yang terdiri dari 6 guru kelas dan 2 guru mata pelajaran, jika didalam setiap lembaga sekolah kurang dalam jumlah guru kelas bisa diisi dengan seadanya sesuai dengan jumlah minimum kuisioner.
  • 15 siswa yang terdiri dari kelas atas 
  • 3 komite sekolah, terdiri dari 1 ketua komite sekolah dan 2 wakil dari wali murid.
  • 1 pengawas sekolah.
Dengan begitu jumlah minimal Responden pengisian kuisioner PMP 2018.07 adalah 27 responden, dengan proses pengisian 100%,  untuk langkah sukses kirim data.
Jangan lupa untuk upload rapot kuisioner PMP pada aplikasi pmp 2018.07.
Berikut ini langkah yang mungkin dapat membantu anda sebelum kirim data kuisioner pada aplikasi PMP 2018.07.
JUmlah minimal responden pmp
  • Urutan Pengisian Kuisioner Berdasarkan Jenis Responden 
Hal ini yang mungkin seringkali tidak terpikirkan oleh operator sekolah dalam mengerjakan pengisian kuisioner PMP. Sebaiknya dalam mengisi kuisioner mulailah dari Peserta didik/siswa, komite sekolah, PTK, Kepala sekolah dan terakhir pengawas sekolah.
Kuisioner pengawas sekolah hanya dapat dikerjakan jika semua responden telah melakukan konfirmasi selesai.
  • Memperhatikan Rekam login data pengguna dan Durasi pengerjaan kuisioner
Aplikasi pemetaan Mutu pendidikan menambahkan beberapa pembaruan, yang palng menonjol adalah Rekaman login dan Durasi pengerjaan kuisioner, jika anda menggunakan Aplikasi ketiga Faster PMP anda dapat melihat halam berikut cara membuat rekaman login pengguna dan Durasi pengerjaan.
Rekaman login dan durasi pengerjaan kuisioner responden PMP 2018.07
  • Jumlah Progres Pengisian pada aplikasi PMP 2018.07
sering kita jumpai dalam beberapa kesempatan banyaknya sekolah yang mengisi kuisioner namun jumlah progres pengisian melebihi 100% , hal ini dapat mempengarui dari tingkat keberhasilan dalam melakukan proses kirim data, karena dalam aplikasi pemetaan mutu jumlah proses pengisian tidah lebih dari seratus persen dari jumlah responden yang ditetapkan.
Jumlah konfirmasi kuisioner pmp 2018.07
  • Kecepatan Koneksi internet
Yang paling mempengarui keberhasilan dalam kirim data adalah koneksi internet yang stabil, Karena proses kirim memerlukan beberapa proses pengiriman dengan jumlah persen sebagai tingkat keberhasilan. Dengan jumlah responden dan isian kuisioner yang banyak tentu akan memakan waktu jika koneksi internet tidak stabil. Jika dalam daerah anda sangat sulit koneksi inter bisa kirim data secara offilne kemudian upload file ke halaman PMP.
  • Konfirmasi Kuisioner semua Responden dengan benar
Pastikan dalam pengisian kuisioner telah terisi dan sudah konfirmasi pada setiap responden,  jangan melakukan konfirmasi kuisioner dengan Faster PMP meskipun dalam mengerjakanya anda menggunakan aplikasi berikut. Karena dalam setiap pengguna memiliki durasi waktu dalam konfiirmasi dan tidak dapat dilakukan bersam-sama dalam satu perangkat.
Konfirmasi data kuisioner setiap responden pemetaan mutu PMP
  • Pastikan semua Responden berhasil terkirim
Dalam proses pengiriman data kuisioner responden akan terkirim satu persatu mulai dari murid, guru komite pengasa dan terakhir kepala sekolah, pastikan bahwa setiap responden berhasil terkirim ke server dengan tanda centang hijau di samping nama responden.
berhasil kirim data kuisioner pmp

  • Yang terakir adalah keiklasan dalam menjalankan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab.
Tentu tak dapat dipungkiri dan dibohongi bahwa dalam pengisian kuisioner pada aplikasi pemetaan mutu pendidikan PMP 2018.07 ini diserahkan begitu saja kepada operator sekolah. Inilah yang menjadi beban berat bagi operator sekolah sebagai penanggung jawab serta pemikul beban pekerjaan dari setiap responden. Belum lagi jika dalam mengisi kuisioner tersebut operator sekolah tidak diberikan apapun sebagai pengganti rasa lelah tentu ini menjadi beban tersendiri. 
Kirim data dengan status online
Namun jika kita kerjakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab semua pekerjaan akan terselesaikan dan diberikan kemudahan dalam menjalankan.

Jika anda mengalami permasalahan atau pengalaman dalam menjalankan aplikasi Pemetaan Mutu pendidikan PMP 2018.07, bisa meninggalkan komentar dibawah sebagai salah satu pengalaman yang mungkin dapat kita bagikan bersama.

Post a Comment for "7 Langkah Sukses Kirim Data Kuisioner Aplikasi Pemetaan Mutu PMP 2018.07"