Membuat Rekaman Login Pengguna Dan Durasi Pengerjaan Kuisioner Pengguna Aplikasi PMP 2018.05

Ada yang berbeda dengan aplikasi PMP 2018.05 yaitu penambahan fitur durasi log pengerjaan dan rekam log in pengguna. Rekam log in pengguna ini bertujuan untuk merekam aktifitas log in pengguna aplikasi pemetaan mutu baik itu log in langsung maupun  tukar pengguna .
mEMBUAT DURASI LOG PENGERJAAN PENGGUNA

Sedangkan Durasi Log pengerjaan kuisioner bertujuan untuk memperoleh data waktu pengerjaan kuisioner untuk setiap responden.

Mengisi kuisioner PMP memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena dalam proses pengerjaan yang harus teliti dan sesuai dengan keadaan yang riil pada setiap lembaga sekolah. Kuisioner yang mencakup 8 standart pendidikan nasional yang digunakan sebagai dasar mutu pendidikan yang sudah dan belum tercapai pada masing-masing sekolah dasar dan menengah.

Sebagai hasil kirim data yang nantinya akan dibuat raport mutu pendidikan bagi yang telah mengirimkan data Pendidikan mutu pada setiap tahunya.

Sebagai contoh kuisioner pada kepala sekolah terdiri dari 119 pertanyaan yang mencakup standar pendidikan. yang masing-masing sekolah diwajibkan untuk mengisi setiap responden yang terdiri dari 8-10 PTK guru kelas dan guru mata pelajaran, 15 siswa kelas atas, 3 komite sekolah dan 1 pengawas dalam setiap korwil ( koordinasi wilayah atau kecamatan ).

Tentu jika itu dibebankan kepada operator membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan sampai berhari-hari. untuk menyiasati pengerjaan kuisioner banyak sekali yang menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti Faster PMP, 

Meskipun faster PMP tidak dikenankan dalam melakukan pengisian kuisioner ini sangat membantu juga bagi operrator sekolah yang memiliki tugas yang tidak sedikit dan terus - menerus.

Namun dalam menggunakan faster PMP kembali lagi harus memperhatikan 2 opsi tambahan pada aplikasi PMP 2018.05 yang menggunakan rekan data pengguna dan durasi log pengerjaan kuisioner. jika kita mengerjakan aplikasi pmpm dengan manual kita butuh beberapa jam , namun dengan Faster PMP kita hanya butuh sekali klik untuk mengisi kuisioner sampai selesai.

Berikut ini adalah cara untuk membuat rekam log in pengguna dan juga durasi log pengerjaan kuisioner aplikasi PMP mengeeunakan Faster PMP.

1. Pertama sebelum membuka aplikasi PMP adalah mengatur tanggal dan waktu.
Contoh : Ubah waktu menjadi tanggal 6 juli 2018 pada jam efektif sekolah misalkan jam 8 pagi.
2. Buka aplikasi PMP kemudian log in menggunakan operator sekolah. otomatis Rekam data pengguna akan masuk pada tanggal dan jam yang sudah disesuaikan tadi. 
3. Buka faster PMP kemudian isi atau salin jawaban  juga boleh, tanpa memilih durasi log.
4. setelah selesai mengisi dengan faster PMP atur jam menjadi jam 9.45 atau bisa anda sesuaikan sendiri ingin berapa lama anda mengisi kuisioner responden.
5. Setelah anda ubah jam seperti yang ada pada nomor 4 kita hitung untuk durasi pengerjaan responden adalah 1 jam 45 menit. ( bisa anda sesuaikan sendiri untuk jam nya jika kurang lama bisa anda sesuaikan sendiri )
6. Langkah selanjutnya adalah membuka setiap point kuisioner dan sedikit merubahnya dengan memilih kuisioner yang paling belakang atau terakir, atau bisa mana saja kemudian simpan. 
7. kembalikan ke menu beranda kemudian refres pada Durasi log pengerjaan sudah terbentuk log apa belum.
jika belum refres kembali dengan menekan ctrl+f5
8 selesai.

Beberapa langkah penting dalam membuat durasi log dan rekam pengguna pada aplikasi Pemetaan mutu pendidikan PMP 2018.05 ini berfungsi sebagai durasi kenyataan bahwa pengisian dilakukan secara manual.
Jika anda menggunakan aplikasi ketiga dan tidak memperhatikan 2 opsi tambahan pada aplikasi pMP 2018.05 tersebut, maka server akan mengidentifikasi bahwa pengerjaan dilakukan diluar aplikasi pmp.

Sebab dalam mengisi kuisioner memang membutuhkan waktu tidak instan seperti membuat mie. 

Itulah langkah langkah dalam membuat rekam log in pengguna dan Durasi Log pengisian kuisioner semoga dapat membantu rekan-rekan operator yang memang merasa sulit untuk memngisi kuisioner secara langsung.

Perlu diingat bahwa aplikasi faster PMP tidak direkomendasikan oleh LPMP maupun kemdikbud, tapi tidak ada salahnya kalo memang kita sebagai operator sekolah terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Jika ingin bertanya boleh meninggalkan komentar yang baik pada kolom komentar di bawah . 


2 comments for "Membuat Rekaman Login Pengguna Dan Durasi Pengerjaan Kuisioner Pengguna Aplikasi PMP 2018.05"

  1. mas saya sudah terlanjur memproses pengawas lebih awal jadi waktu mulai lebih awal dari responden lainnya padahal seharusnya khan paling akhir. itu bisa diperbaiki gk ya. mohon solusinya trmksh...

    ReplyDelete
  2. hapus dulu isian kuisioernya, untuk pengawas harap di pilih secara manual saja , karena isian pengawas itu adalah pilihan yang ada di sekolah,,
    jika mengisi dengan faster pmp jangan lupa pada isian yang ada pada standar pendidikan dan standar penilaian prosentase di cek ulang, biasanya tidak sesuai dengan yang di tetapkan dan melebihi jumlah 100%

    ReplyDelete