Cara Sinkronisasi Dapodik 2020.b Dengan Akun Kepala Sekolah Menggunakan Menu Tukar Pengguna

Ngintip Sekolah - Perubahan alur proses sinkronisasi, yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran kepala sekolah di Aplikasi Dapodikdasmen 2020.b ini, peran pengguna yang diberikan hak akses untuk melakukan sinkronisasi adalah kepala sekolah.
cara berhasil sinkronisasi dapodik 2020.b

Pastikan kepala sekolah sudah memiliki akun dapodik. Jika kepala sekolah belum memiliki akun dapodik, terlebih dahulu kalian buatkan akun melalui menu penugasan yang terdapat pada penugasan. Untuk lebih jelanya cara membuat akun GTK bisa kalian lihat panduanya disini

Sinkronisasi Dapodik Dilakukan Oleh Kepala Sekolah

Jika sudah memiliki akun kepala sekolah kalian langsung dapat masuk dengan cara menggunakan menu tukar pengguna dengan cara berikut :
  1. Masuk pada pengaturan yang ada pada aplikasi Dapodikdasmen Kemudian
  2. Pilih menu “ Tukar Akses Pengguna “
  3. Masukan Kode Registrasi Dapodik
  4. Kemudian piilh Akun GTK dan cari nama kepala sekolah kemudian “ tukar Pengguna “
  5. Secara otomatis akan masuk pada menu GTK kepala sekolah,
Sebelum melakukan sinkronisasi langkah selanjutnya adalah Melakukan “ Validasi Lokal “ dan pastikan tidak ada menu yang invalid pada setiap tabulasi menu validasi.

Menu Lembar Konfirmasi Sinkronisasi Dapodikdasmen 2020.b

Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020.b sebelum kepala sekolah melakukan sinkronisasi, terdapat fitur baru yaitu lembar konfirmasi sinkronisasi. Hal ini ditujukan agar sekolah lebih teliti khususnya dalam hal keakuratan dan kebenaran data yang dikirimkan ke server Dapodik.

  1. Untuk memulai sinkronisasi, klik menu sinkronisasi. Lalu akan tampil beranda lembar konfirmasi. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.
  2. Klik tombol tampilkan untuk menampilkan detail per tabel. Pastikan centang semua isian. Jika ada isian yang belum dicentang, konfirmasi tidak bisa dilakukan dan tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika sudah mencentang semua isian, klik tombol konfirmasi dan klik tombol lanjut.
  3. Selanjutnya pastikan data yang dikonfirmasi sudah sesuai sebelum melakukan sinkronisasi. Berikut adalah tampilan persetujuan pengiriman data. Klik tombol lanjutkan sinkronisasi untuk melanjutkan.
  4. Tahap berikutnya adalah maklumat integritas kepala sekolah. Maklumat ini berisi pernyataan bahwa data yang dikirim ke server Dapodik adalah benar dan sesuai dengan fakta di sekolah. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.
  5. Setelah tahap ketiga selesai maka selanjutnya akan tampil laman sinkronisasi. Metode dan laman sinkronisasi masih sama seperti pada versi sebelumnya.
Demikian pembahasan tentang Cara Sinkronisasi Dapodik 2020.b Dengan Akun Kepala Sekolah Menggunakan Menu Tukar Pengguna semoga dapat bermamfaat.

Post a Comment for "Cara Sinkronisasi Dapodik 2020.b Dengan Akun Kepala Sekolah Menggunakan Menu Tukar Pengguna"