RPP K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Kelas 1 Semester 2 - Sahabat ngintip sekolah  kali ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran RPP untuk kelas 1 semester 2 revisi tahun 2018.
rpp kelas 2 kurikulum 2013


Salah satu kewajiban guru sebagai pendidik selain mengajar adalah mempersiapkan terlebih dahulu dengan membuat perangkar pembelajaran salah satunya adalah Rancangan kegiatan pembelajaran ( RPP ).


Mengapa guru harus membuat dan menyusun perangkat pembelajaran ?

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk menyusun RPP sebagai pedoman dalam melakukan persiapan pembelajaran, sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016 bahwa setiap guru wajib memiliki perangkat pembelajaran sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.


Dalam contoh RPP yang saya bagikan Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.

Pemilihan pendekatan tematik dan /atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

Pendekatan penilaian Kurikulum 2013

Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar peserta didik yang mampu menghasilkan dampak instruksional (instructional effect) pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring (nurturant effect) pada aspek sikap.
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Pengalamanku [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Benda, Hewan dan Tanaman disekitarku [ unduh ]
  • RPP Kelas 1 SM 2 Tema Peristiwa Alam [ unduh ]

Hasil penilaian otentik digunakan guru untuk merencanakan program perbaikan (remedial) pembelajaran, pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian otentik digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian Pendidikan.

Evaluasi proses pembelajaran dilakukan saat proses pembelajaran dengan menggunakan alat: lembar pengamatan, angket sebaya, rekaman, catatan anekdot, dan refleksi. Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan saat proses pembelajaran dan di akhir satuan pelajaran dengan menggunakan metode dan alat: tes lisan/perbuatan, dan tes tulis. Hasil evaluasi akhir diperoleh dari gabungan evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran.

Post a Comment for "RPP K13 Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018"