Format Penilaian Siswa Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2) Kurikulum 2013

Penilaian siswa sikap Setiap Guru di harapkan mampu untuk menyusun perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan serta pelaporan hasil belajar setiap peserta didik. Dalam kurikulum 2013 terdapat 3 aspek penilaian yang harus dilaksanakan oleh seorang guru, Nilai Sikap, Nilai ketrampilan serta nilai pengetahuan.

Ruang lingkup penilaian kurikulum 2013

Kurikulum 2013 memiliki kategori penilian yang dibagi menjadi 3 yak ni sebagai berikut :
Penilaian Sikap

  • Observasi
  • Penilaian diri
  • Penilaian antar teman
Penilaian pengetahuan

  • Tes tulis
  • Tes lisan
  • Penugasan

Keterampilan

  • Kinerja
  • Proyek dan
  • Portofolio
Penilaian sikap dibagi menjadi 2 kriteria penilaian yaitu nilai sikap spiritual dan sikap sosial, kali ini akan membahas sikan sosial yang mana setiap guru harus mengusai dalam penilaian sikap untuk bisa diambil langkah selanjutnya.
Alur penilaian Kompetensi sikap seperti yang tergambar pada gambar berikut :
alur Penilaian kompetensi sikap

Alur Skema Penilaian sikap sebagai berikut :

Setelah melihat gambar diatas kedua penilaian sikap saling berhubungan dengan hasil akir dari setiap pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dengan melakukan observasi, perencanaan serta tindak lanjut sikap yang diambil untuk meningkatkan kompetensi pada setiap peserta didik.

Sikap Spiritual ( KI-1)
Nilai utama karakter pada Sikap Spriritual (KI-1) yaitu:
  1. Religiusitas, diantaranya: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dll.
  2. Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll.
Skema penilaian sikap kurikulum 2013

Dalam setiap Satuan pendidikan atau lembaga sekolah dapat merumuskan dan mengembangkan nilai operasional dari Nilai Utama Karakter sikap sosial tersebut secara bersama-sama melalui rapat guru yang mengacu pada kedua aspek diatas.

Contoh Jurnal Pengamatan KI - 1
Jurnal pengamatan sikap spiritual
Contoh Rekap Jurnal KI-1
Rekap Jurnal pengamatan sikap spiritual KI-1

Sikap Sosial KI-2
Nilai utama karakter pada Sikap Sosial (KI-2) yaitu:
  1. Nasionalisme, diantaranya: cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dll.
  2. Kemandirian, diantaranya: disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dll.
  3. Gotong royong, diantaranya: suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, dll.
  4. Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll.
Contoh Jurnal Pengamatan sikap sosial
contoh jurnal KI-2
Contoh Rekap Jurnal Sikap Sosial
rekap jurnal sikap sosial
Nilai sikap Spiritual ( KI-1 ) dan SIkap Sosial (KI-2)yang dibuat dan diterapkan dalam jurnal pengamatan direkap kemudian dimasukan dalam penilaian akhir rapor sebagai laporan penilaian masing-masing peserta didik.
Download Format Penilaian Sikap Spiritual KI-1 dan Sikap Sosial KI-2 Kurikulum 2013

Post a Comment for "Format Penilaian Siswa Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2) Kurikulum 2013"