Download Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019 Lengkap Dengan Buku Panduan

RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.

RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik.
APLIKASI KEMDIKBUD 2019

Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah. Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi RKAS pada komputer kita.

Instal aplikasi RKAS Kemdikbud 2019

sebelum melakukan intalasi aplikasi rkas kemdikbud terlebih dahulu download aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Pada halaman ini kita diberikan 2 pilihan tombol, yaitu tombol download dan tombol login. Berikut perbedaannya :
  1. Tombol Download : untuk pihak sekolah mengunduh installan aplikasi RKAS yang berbasis desktop. dipasang pada komputer secara offline
  2. Tombol Login : untuk masuk ke aplikasi dinas pendidikan kabupaten atau pun provinsi yang berbasis website. Klik download karena yang digunakan adalah aplikasi untuk jenjang sekolah.
DOWNLOAD APLIKASI RKAS 2019
( DOWNLOAD )
DOWNLOAD PANDUAN APLIKASI RKAS
( DOWNLOAD )
( unduh di web resmi kemdikbud )
(unduh)
Langkah yang pertama kita lakukan adalah Sebagai Berikut :
  1. Buka aplikasi RKAS.exe klik 2x
  2. klik yes untuk melanjutkan
  3. Ceklis create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next.
  4. Klik Instal dan tunggu proses installasi selesai
  5. Klik Finish, Sampai pada bagian ini sebenarnya proses instalasi sudah selesai.
Berikutnya secara otomatis aplikasi RKAS akan terbuka. Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda dapat memintanya pada dinas pendidikan.

Regristasi penggunaan Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019

Langkah - langkah regristrasi RKAS
  1. Form Registrasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolah kita kedalam sistem. 
  2. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data registrasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. 
    regristrasi RKAS Kemdikbud
  3. Isi semua data yang ada pada kolom regristrasi 
  4. kemudian pilih regristrasi 
  5. selesai 
Dengan adanya aplikasi RKAS resmi dari kemdikbud pelaporan keuangan mengenai dana Bantuan Operational Bos dapat dimonitor langsung oleh kemdikbud melalui aplikasi yang bisa langsung tersinkronisasi pada database, seperti aplikasi Pendataan Dapodikdamen 2019.

Operator yang mengelola BOS juga tidak merasa dipersulit dengan laporan yang seringkali berubah dengan format yang berbeda dalam setiap pelaporan.

Post a Comment for "Download Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019 Lengkap Dengan Buku Panduan"