Panduan Lengkap Verval PD ( NISN ) Operator Sekolah Dasar

PANDUAN VERVAL PD 
Panduan Lengkap Verval PD ( NISN ) Operator sekolah Dasar merupakan panduan yang di gunakan untuk melakukan verivikasi dan validasi siswa yang terdaftar dalam aplikasi Dapodikdasmen. Panduan ini di terbitkan oleh Kemdikbud untuk operator sekolah yang mengelola data siswa melalui aplikasi dapodikdasmen. Berikut merupakan Panduan Lengkap Verval PD ( NISN ) Untuk OPerator sekolah Dasar.

Panduan Lengkap Verval PD

LOGIN Akses laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/, Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM). 
Bagi operator baru atau yang belum terdaftar sebagai anggota bisa mendaftar melalui Akses laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/




Menu Tampilan dan Penggunaan pada web Verval PD
Dalam website verval PD terdapat beberapa menu dan memiliki fitur maupun fungsinya masing-masing. diantaranya sebagai berikut :
1. Menu HOME Login Operator Sekolah Dasar
Menu HOME di bagian kiri menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagram pie, bila krusor kita arahkan ke diagram pie tersebut maka akan terlihata data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi yang di gambarkan dengan warna biru, Data Invalid warna merah , Data Belum memiliki NISN warna ungu dan Data Tidak memeilii NISN warna orange di sertai dengan angka dan presentasenya Sedangkan di bagian kanan menampilkan grafik progres harian verval per tanggal.
2. MENU REFERENSI
Daftar Peserta Didik per sekolah yang sudah memiliki NISN Valid Klik menu REFERENSI, kemudian Klik tombol AKTIF, akan tampil data peserta didik dengan NISN valid. Klik Page Side berikutnya untuk melihat daftar selanjutnya.

3. MENU BELUM MEMILIKI NISN
Langkah 1 Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN , tampil daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI .
Klik tombol MUTASI SISWA  Tampil pencarian data siswa mutasi di sekolah asal. (syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal).
Cara mencari data siswa mutasi di sekolah asal : Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal, Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, dan Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN Pilih Nama Siswa , Klik PILIH SISWA.
Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI. Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif.

4. MENU BELUM MEMILIKI NISN
LANGKAH 2
B1 - Jika data sekolah ditemukan, namun data siswa yang dimaksud tidak ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH.
B2 - Jika data sekolah asal dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN.

Absensi Online juga digunakan sebagai berkas tahapan pencairan sertifikasi untuk tahun ini. berikut penjelasan tentang  absensi online.
baca disini alternatif link absensi online guru dan tenaga kependidikan

Setelah salah satu proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> PERMINTAAN SEKOLAH. Setelah di Approve oleh Dinas maka data akan mengalir ke Vervalpd Pusat (PDSPK) . Hasil Approval akan kembali ke Menu Referensi Aktif.

5. STATUS PENGAJUAN MUTASI
Klik Menu STATUS PENGAJUAN MUTASI , tampil daftar Kemajuan Progres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi. Menu ini adalah hasil dari proses Klik Mutasi di menu BELUM MEMILIKI NISN. Data Mutasi yang sudah di setujui berada pada Menu Referensi Aktif.
DATA INVALID
Klik Data Invalid - Daftar siswa yang ada di sini menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik.  Jika ada kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik, maka sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur ini. Cek kembali di Dapodik dan perbaiki.

Contohnya : ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain.
6. EDIT DATA
Klik Menu EDIT DATA , Pilih sub menu Pengajuan, Pilih sub menu Nama & Tanggal Lahir  Data peserta didik yang sudah menjadi Referensi Aktif VervalPD masih bisa diajukan perubahan.

Variabel identitas yang bisa diajukan perubahan dari VervalPD meliputi:  Nama – Tempat Lahir – Tanggal Lahir – Jenis Kelamin – Nama Ibu Kandung.

7. CARA MENGAJUKAN EDIT IDENTITAS tampilan di akun Operator Sekolah 

Langkah 1 Klik tombol PILIH SISWA.
Langkah 2 Pilih data peserta didik yang akan di EDIT IDENTITAS-nya, lalu Klik tombol OK. EDIT IDENTITAS Identitas peserta didik yang akan diajukan perubahan harus sudah menjadi data Referensi Aktif .



CARA MENGAJUKAN EDIT IDENTITAS 

Langkah 3 Isikan Identitas baru sesuai dengan identitas yang tercantum di akte kelahiran peserta didik. Seluruh variabel identitas harus diisi lengkap meski hanya satu atau dua variabel saja yang sebenarnya akan diajukan perubahan. Langkah 4 Lampirkan/upload scanIjazah sesuai ketentuan.
Langkah 5 Klik tombol PENGAJUAN PERUBAHAN. Tombol Batal digunakan untuk menggagalkan proses pengajuan perubahan identitas. Setelah menekan tombol PENGAJUAN PERUBAHAN, maka data akan mengalir masuk ke daftar antrian Dinas untuk proses persetujuan admin Dinas Pendidikan tingkat Kab/Kota terkait. Operator Sekolah bisa mengecek sejauh mana proses pengajuannya (sudah disetujui/ditolak) melalui Status di fitur Edit Data Verval PD.

8. STATUS EDIT DATA tampilan di akun Operator Sekolah.
STATUS EDIT DATA - Menampilkan informasi terkait pengajuan perubahan (EDIT DATA) yang telah diajukan OperatorSekolah. Melihat sejauh mana pengajuan perubahannya, sudah berhasil diajukan atau belum, kapan diajukan, sudah disetujui atau belum, kapan disetujui/ditolak, atau pun ditolak dengan alasan apa.

Tanya Jawab Seputar Verval PD 

  1. Kenapa data siswa hilang setelah Operator Sekolah menyelesaikan proses pengajuan mutasi? Jawab : Data siswa memang akan hilang sementara saat dalam antrian proses persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh mana proses pengajuan mutasi tersebut bisa Operator Sekolah kroscek di menu Status Pengajuan Mutasi.
  2. Apa yang harus dilakukan Operator Sekolah setelah proses mutasi sudah selesai diajukan dan data siswa sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN?
  3. Jawab : Cek menu Status Pengajuan Mutasi untuk mengetahui pengajuan mutasi sudah disetujui atau belum. Jika belum, segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas), bawa serta dokumen mutasi siswa untuk proses verifikasi ulang oleh Operator Dinas (verifikasi dokumen secara langsung atau via media lainnya tergantung kebijakan Dinas masing-masing).
  4. Bagaimana jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di ijazah sebelumnya?
  5. Jawab : jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolah mengajukan edit NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN >> NISN.
  6. Apa yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah jika ada data siswa yang masuk ke menu Belum Memiliki NISN, tetapi status validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa mutasi?
  7. Jawab : Perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari hingga status validasi siswa di aplikasi VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dari Langkah 1 s/d 3.

Untuk yang ingin mendapatkan File bentuk pdf bisa download melalui ling di bawah ini :
Panduan Lengkap Verval PD Operator sekolah Dasar
( UNDUH )

Berlangganan via email:

0 Response to "Panduan Lengkap Verval PD ( NISN ) Operator Sekolah Dasar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel