Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Lengkap Dengan Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Table of Contents

ngintipsekolah. Rapor merupakan laporan nilai siswa yang dibuat selama satu semester. Rapor berisi hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran siswa, seperti ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, dan ekstrakurikuler.

Rapor Kumer
Pengolahan nilai rapor merupakan langkah penting karena menjadi tolak ukur untuk melaporkan perkembangan belajar siswa selama satu semester.

Cara Membuat Nilai Rapor Kurikulum Merdeka

Pengolahan nilai rapor dalam Kurikulum Merdeka melibatkan beberapa langkah penting:

1. Analisis Data hasil Asesmen

Analisis data hasil asesmen dilakukan dengan cara kuantitatif maupun kualitatif.

2. Pengolahan deskripsi pada Rapor Siswa

cara ini bisa dilakukan dengan melihat Capaian Kompetensi ( CP), Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP) atau dengan cara mengambil poin-poin penting dalam cakupan materi yang sudah dilaksanakan, bisa tercapai atau masih belum tercapai.

3. Menyajikan Hasil Asesmen dalam Rapor

Rapor harus memberikan informasi dalam bentuk sederhana dan informatif sesuai dengan ketercapaiakn pembelajaran siswa.

Cara mengolah nilai rapor

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai Rapor bagi peserta didik diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengolah hasil asesmen

  • Nilai data Kuantitatif : Data ini berfokus pada hasil asesmen sumatif. Asesmen sumatif dalam pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran atau Capaian Pembelajaran (CP) siswa sebagai landasan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan dari lembaga pendidikan.
  • Nilai Data Kualitatif : Cara ini bisa melalui sesmen formatif, yang bersifat kualitatif dan ditujukan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran dan menyusun deskripsi capaian kompetensi. Asesmen formatif adalah penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran. Asesmen formatif dapat dilakukan di awal pembelajaran dan selama proses pembelajaran.

2. Mengolah Deskripsi Rapor

Dalam mengolah dsekripsi pada rapor terdapat beberapa langkah yang harus diketahui antara lain sebagai berikut :
  • Penyusunan deskripsi berdasarkan capaian kompetensi.
  • Penyusunan deskripsi berdasarkan alur tujuan pembelajaran.
  • Penyusunan deskripsi dengan mengambil poin-poin penting dari materi.

3. Menyajikan Hasil Asesmen ke dalam Rapor

Penyajian bentuk rapor siswa mencakup bagian yang harus ada, antara lain adalah berikut :

  • Identitas siswa.
  • Nama satuan pendidikan.
  • Kelas.
  • Semester.
  • Mata pelajaran.
  • Nilai.
  • Deskripsi.
  • Catatan guru.
  • Presensi.
  • Kegiatan ekstrakurikuler.
  • Hasil penilain pada rapor mencakup 
Selain Rapor penilaian asesemen guru juga harus memebuat Raport penilaian P5 yang sudah dilaksanakan disekolah dalam satu tahun. atau satu semester ajar.

Rapor Projek Penguaran Profil Pelajar Pancasila (P5)

Secara umum, dalam Kurikulum Merdeka ada tiga laporan hasil belajar yang utama, yaitu Rapor Pendidikan, Rapor Kurikulum Merdeka, dan Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Rapor Projek Profil Pelajar Pancasila adalah rapor yang berisi hasil penilaian tentang performa peserta didik selama mengikuti projek P5. Rapor tersebut lebih berfokus melihat keterpaduan pembelajaran dengan perkembangan karakter dan kompetensi peserta didik yang sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Cara Membuat Laporan Hasil Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Hasil Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaporkan dalam rapor akhir tahun (semester 2) peserta didik.

Tampilan Rapor


Download Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Dan Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Dari penjelasan Admin diatas, membuat rapor untuk satu peserta didik itu tidaklah mudah, perlu tahapan dan langkah-langkah yang sesuai dengan alur pembelajaran yang sudah dilakasanakan dalam satu materi ajar ataupun dalam satu tahun ajaran.


Banyak Sekali aplikasi rapor yang bisa digunakan untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam melakukan penilaian dan pengelolaan hasil belajar.


salah satunya adalah yang dibagikan admin berikut ini. 

Dalam aplikasi Raport ini sudah mencakup semua komponen dalam menyajikah hasil belajar siswa yang bisa disesuaikan dengan target Capaian kompetensi dan juga Alur tujuan Pembelajaran yang digunakan.



Selain Rapor hasil belajar siswa dalam aplikasi ini terdapat juga Rapor untuk penilaian Projek penguatan Profil Pelajar pancasila sehingga mudah dalam merencanakan dan membuat laporan belajar untuk P5 yang sudah dilakukan di sekolah Bapak/Ibu Guru.

Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Aplikasi ini sudah mencakup Cp dan TP yang sesuai dengan buku kurikulum merdeka, Namun bapak/ibu masih bisa menyesuaikan dengan TP yang diajarkan sesuai dengan pembelajaran yang diajarkan.

Bagi Bapak/Ibu yang ingin menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Lengkap Dengan Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bisa download melalui link yang sudah Admin Sediakan di bawah ini :

Raport Kurikulum Merdeka & P5 Kelas 1 2 4 5: Unduh


Catatan : untuk Tujuan Pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lembaga sekolah masing-masing, karena kebutuhan dalam penetapan Tujuan pembelajaran pasti jelas berbeda ini hanyalah acuan Tujuan Pembelajaran yang terdapat Buku Kurmer yang terdapat pada Kemdikbud.
Untuk dapat menggunakan aplikasi ini silahkan aktifkan macro pada excel anda agar aplikasi berjalan semestinya : 
Untuk cara mengaktifkan macro bisa lihat video di bawah ini.


Itulah penjelasan dari hasil belajar siswa ( Rapor Kurikulum merdekan dan rapor proyek P5) semoga dapat memberikan mamfaat bagi yang membaca dan menggunakanya.

Post a Comment