Persiapan Pemutakhiran Aplikasi Dapodikdasmen Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019

Pemutakhiran Dapodikdasmen semester 2- Setelah Kemdikbud resmi menutup pemutakhiran data pokok nasional Dapodikdasmen semester ganjil pada tanggal 31 Januari 2019, kali ini kemdikbud menghimbau melalui halaman resmi Dapodikdasmen kepada setiap lembaga sekolah jenjang Sekolah Dasar Dan Menengah untuk mempersiapkan pendataan pemutakhiran data pada semester 2 tahun 2018/2019.
Pemutakhiran Dapodikdasmen 2019.c semester 2

Sejalan dengan siklus periodikal pembelajaran di sekolah tersebut, maka data pada sistem pendataan Dapodik juga harus turut dimutakhirkan.

Persiapan Menjelang Pemutahiran Dapodikdasmen 2019.c

Demikian halnya dengan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen yang juga terus dilakukan untuk mengakomodir adanya kebijakan, perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data. Maka saat ini Setditjen Dikdasmen sedang menyiapkan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru untuk digunakan pada semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019.

Sebagai persiapan menjelang dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen versi baru tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah sebagai berikut.


  1. Kapasitas Server Dapodikdasmen akan ditingkatkan
    Sehubungan dengan proses peningkatan kapasitas server ini, maka akan dilakukan maintenance terhadap server Dapodikdasmen. Aktivitas sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen akan ditutup mulai Tanggal  04 Februari 2019, pukul 24.00 WIB sampai dengan pemberitahuan/pengumuman lebih lanjut.
  2. Persiapan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru
    Pemutakhiran data untuk Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019 dilakukan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi baru (Versi 2019.c) yang direncanakan akan dirilis pada akhir Februari 2019 (akan diumumkan pada laman ini)
  3. Persiapan data-data Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019
    Sekolah untuk mempersiapkan kelengkapan data di Semester 2 (genap) Tahun Ajaran 2018/2019, dan salah satu kelengkapan data agar menjadi perhatian untuk dipersiapkan adalah : NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  4. Kepala Sekolah berperan aktif memimpin dan mengawal proses pendataan
    Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5749/D/R/2018 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 bahwasannya Kepala Sekolah berkewajiban mengawal proses input dan output Dapodikdasmen sekaligus memperhatikan akurasi masing-masing entitas data.

Surat edaran Ditjen Dikdasmen [ unduh ]

NIK bagian terpenting dalam kelengkapan peserta didik

Sesuai dengan yang telah kita ketahui bersama bahwa wacana kemdikbud yang akan mengganti NISN dengan NIK akan direalisasikan mulai tahun 2019 ini. Jadi wajar jika dalam persiapan pemuthikaran Data Pokok Pendidikan ( Dapodikdasmen) wajib melengkapi data peserta didik.

Sambil menunggu rilis dari aplikasi dapodikdasmen 2019.c yang baru sebaiknya setiap lembaga sekolah segera mempersiapkan kelangkapan data yang dimaksudkan diatas.

Bagaimana jika ada peserta didik yang masih belum mempunyai NIK ?

Sebagai operator sekolah pasti akan bertanya demikian, apalagi jika sekolah terletak di pedalaman pasti masih ada peserta didik yang belum memiliki KK yang termasuk juga belum memiliki NIK.

Silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, untuk mengetahui masih adakah yang mengalami permasalahan yang sama dengan pertanyaan diatas.

Post a Comment for "Persiapan Pemutakhiran Aplikasi Dapodikdasmen Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019"