KI Dan KD SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018- Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
ki dan kd kurikulum 2018 revisi 2018


Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran;

Tujuan KI & KD Kurikulum 2013

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KI & KD Mata Pelajaran Jenjang SD/MI 2018

Sesuai dengan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 pendidikan pada usia sekolah dasar menerapkan pendidikan karakter dengan berpegang teguh pada Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar yang dapat anda dapatkan melalui tautan link di bawah ini :

KI dan KD Kelas 1 s.d Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

  • KI dan KD Bahasa Indonesia [ unduh ]
  • KI dan KD PKn [ unduh ]
  • KI dan KD Matematika [ unduh ]
  • KI dan KD IPA [ unduh ]
  • KI dan KD IPS [ unduh ]
  • KI dan KD Bahasa Jawa [ unduh ]
  • KI dan KD Agama Islam & BP [ unduh ]
  • KI dan KD Agama Kristen & BP  [ unduh ]
  • KI dan KD Agama Buda & BP  [ unduh ]
  • KI dan KD Agama Katholik & BP  [ unduh ]
  • Agama Konghucu & BP  [ unduh ]
  • KI dan KD PJOK [ unduh ]
  • KI & KD SbDP SD [ unduh ]
Terima kasih telah mrngunjungi halaman kami, semoga dapat bermamfaat, jangan lupa untuk berkomentar dan berbagi jika postingan ini bisa bermamfaat.

2 comments for "KI Dan KD SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018"