RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 untuk kelas 6 merupakan rancangan setiap kegiatan pembelajaran yang digunakan sebagai guru dalam merumuskan , menentukan, dan merangkai kegiatan dalam setiap pembelajaran.
RPP kurikulum 2013 kelas 6 semester 1 dan semester 2 tahun 2018
RPP Kurikulum 2013 kelas ini mencakup materi pembelajaran yang di susun berdasarkan Kompetesi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ).


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 

A. KOMPETENSI INTI (KI) 

  • KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 
  • KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 
  • KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah 
  • KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR 
  1. Matematika 
    1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
    2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
    2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
    3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal, dan persen).
    3.1.1 Menentukan hasil operasi hitung bentuk pecahan biasa.
    3.1.2 Menentukan hasil operasi hitung bentuk pecahan desimal.
    3.1.3 Menentukan hasil operasi hitung bentuk pecahan persen.
    3.1.4 Menentukan hasil operasi hitung pecahan campuran 
    4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
    4.1.1 Menggambarkan model bentuk pecahan dari suatu bilangan
    4.1.2 Mempresentasikan model bentuk pecahan dari suatu bilangan
  2. Bahasa Indonesia
    1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
    1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
    2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfataan bahasa Indonesia.
    3.3 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
    3.3.1 Mengidentifikasi 5 informasi manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia sesuai isi teks laporan investigasi.
    3.3.2 Menemukan suatu manfaat tumbuhan untuk hewan sesuai isi teks laporan investigasi. 3.3.3 Menjelaskan akibat jika tidak ada tumbuhan.
    4.3 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
    4.3.1 Menuliskan struktur teks investigasi.
    4.3.2 Mempresentasikan struktur teks investigasi.
  3. IPA 
    1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
    2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objketif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi. 
    3.4 Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup.
    3.4.1 Menjelaskan pengertian perkembangbiakan makhluk hidup.
    3.4.2 Menunjukkan bagian-bagian bunga pada tumbuhan
    3.4.3 Menunjukkan bagian-bagian bunga sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan
    3.4.4 Mendeskripsikan proses perkembangbiakan secara generatif
    3.4.5 Mendeskripsikan jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan
    4.4 Mengikuti prosedur perkembangan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
    4.4.1 Melakukan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif.
    4.4.2 Menyusun laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif
    4.4.3 Mempresentasikan hasil pengamatan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif

RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD 

Dalam kurikulum 2013 kelas 6 terdapat 9 tema mata pelajaran tematik yang terbagi dalam 2 semester yaitu 5 tema semeter 1 dan 4 tema untuk semester 2.
RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 2
RPP mencakup dari kegiatan pembelajaran seperti : (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Post a Comment for "RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 dan 2"