Rilis Dapodik Paud Versi 3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019

Aplikasi Dapodik PAUD adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini – Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas satuan pendidikan pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019

Dapodik Offline (PAUD) dirilis pada hari ini tanggal 24 Agustus 2018 untuk pengisian data Semester 1 (Ganjil) 2018/19. Sebelum menggunakan aplikasi ini, mohon baca pedoman penggunaan terlebih dahulu membaca panduan aplikasi dapodik PAUD pada alamat berikut ini  : https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Daftar Perubahan Dapodik PAUD 3.3.0

Sebelum kita melihat aplikasi yang terbaru terlebih dahulu kita cek terlebih dahulu apa saja perubahan yang terdapat dalam versi 3.3.0. Berikut daftar perubahan yang terdapat dalam aplikasi Dapodik PAUD versi 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019 semester Ganjil:

Penjelasan Perubahan Dapodik Paud 3.3.0
  • Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  • Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
  • Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  • Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter.
Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui kode registrasi baru dengan login ke manajemen menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu.

Penjelasan untuk daftar perubahan pada versi 3.3.0, yaitu: 

  1. [Pembaharuan] Mengaktifkan Registrasi Offline Registrasi offline diperuntukan bagi satuan pendidikan yang berada pada tempat yang tidak ada akses internet, untuk bisa melakukan cara registrasi secara offline ini satuan pendidikan harus meminta bantuan ke operator dinas kab/kota setempat untuk mendaftarkan pada manajemen dan juga mengunduh file prefill yang nantinya dipakai untuk melakukan registrasi di aplikasi Dapodik Paud semi Online.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019
  2. [Pembaharuan] Mengaktifkan Sinkronisasi Offline Sinkronisasi Offline bisa dilakukan apabila satuan pendidikan diawal melakukan registrasi secara Offline juga. File prefill yang nantinya hasil keluaran pada saat melakukan sinkronisasi di Dapodik Paud semi Online yang selanjutnya bisa dikirim melalui manajemen untuk diupload ke server.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019
  3. [Pembaharuan] Menghilangkan tombol tambah PTK Untuk menambah data PTK pada versi 3.3.0 dilakukan melalui aplikasi manajemen yang dilakukan oleh operator dinas kab/kota, setelah itu agar bisa masuk ke aplikasi Dapodik Paud satuan pendidikan harus melakukan sinkronisasi baik secara Online atau Offline yang melalui data prefill.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019
  4. [Pembaharuan] Menon-aktifkan fitur penugasam untuk diinput di manajemen dapodik Fitur penugasan pada versi 3.3.0 berpindah ke aplikasi manajemen yang dilakukan oleh operator dinas kab/kota setempat. 
  5. [Pembaharuan] Menon-aktifkan beberapa inputan di PTK untuk diinput di manajemen dapodik.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019
  6. [Pembaharuan] Isian layanan di rombongan belajar default  terisi Pada versi 3.3.0 untuk layanan pada rombongan belajar dibuat default.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019
Perlu di perhatikan bahwasannya jika sebelumnya belum pernah installasi Aplikasi Dapodik Paud maka gunakan cara installasi aplikasi, Jika sebelumnya sudah pernah installasi aplikasi dan sudah ada di PC atau Laptop, maka dianjurkan supaya melakukan penghapusan Aplikasi Dapodik PAUD versi sebelumnya dikarenakan untuk versi 3.3.0 ini berupa installer dan untuk bisa terupdate ke versi 3.3.0 maka disarankan versi lamanya dihapus terlebih dahulu.

Post a Comment for "Rilis Dapodik Paud Versi 3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019"