8 Langkah Aman Mengisi Kuisioner Pemetaan Mutu menggunakan Faster PMP

Dalam rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan Kementrian pendidikan merilis aplikasi Pemetaan Mutu terbaru 2018.05 sebagai langkah awal peningkatan mutu pendidikan melalui kuisioner pendidikan.
tips aman menggunakan faster pmp

APA ITU PEMETAAN MUTU ? 

Proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaianpemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan. 

Bedasarkan sumber data dan informasi, instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis yaitu kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Data dan informasi untuk formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah yang ada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Data dan informasi untuk kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.

Sekolah melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada.

Melalui aplikasi PMP setiap lembaga sekolah mewajibkan untuk mengisi setiap kuisioner yang ada pada aplikasi PMP melalui jenis responden dan responden yang menjadi ruanglingkup pada setiap lembaga sekolah dasar dan menengah. 
Dalam melakukan pengisian PMP anda dapat melakukanya dengan cepat menggunakan aplikasi Faster PMP. 

Apa Itu Faster PMP ? 

Faster pmp merupakan aplikasi yang di buat oleh pengembang atau bukan dari pihak kemdikbud dan lpmp. Faster pmp di gunakan untuk mengisi dan menyalin jawaban kuisioner yang ada pada responden dan instumen yang ada pada Aplikasi pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) sekolah dasar dan menengah. Bagi anda yang belum memiliki aplikasi Faster PMP dapat meng unduh Disini

Namun untuk menggunakan Faster PMP perlu kehati-hatian karena dapat merusak database baik pada aplikasi PMP dan Aplikasi Dapodikdasmen. Berikut ini saya bagikan tips aman dalam menggunakan faster pmp sesuai versi ngintipsekolah.com 

Tips Aman mengisi kuisioner Pemetaan Mutu menggunakan Faster PMP. 
  1. Matikan koneksi internet...
    Pada aplikasi dapodikdasmen dan PMP 2018.05 semua database menggunakan versi terbaru setiap aktivitas yang dilakukan oleh operator dalam membuka dan mengupdat data melalui kedua aplikasi ini dapat dimonitor oleh kemdikbud melalui rekam data pengguna. Untuk mencegah tersebut anda dapat melakukan dengan menonaktifkan koneksi internet.
  2. Change date and time setting ( merubah tanggal dan waktu )...
    sebelum Install aplikasi PMP 2018.05 rubah tanggal pada perangkat.
    contoh :
    21 Juli saya memasang aplikasi PMP namun pada perangkat tanggal saya rubah menjadi 03 juli 2018.

    Aplikasi PMP 2018.04 menambahkan fitur Rekam Login Pengguna yang dimaksudkan untuk merekam aktifitas login dan log out dalam waktu pengisian Kuisioner pada aplikasi PMP. Aktifitas pengguna, metode log in dan tanggal login.
  3. Karena dengan menggunakan faster PMP kita hanya butuh satu kali log in dan satu kali proses , sebaiknya gunakan pengaturan tanggal dan waktu untuk memberikan rekam log in pengguna yang berbeda.

    Atau bisa log in satu persatu responden setelah semuai kuisionet pada setiap masing-masing responden selesai mengisi dengan faster PMP . dan merubah tanggal dan waktu.
  4. Buat Durasi Log pada faster PMP...
    Sebelum menggunakan tombol proses pada faster pmp pastikan telah membuat durasi log terlebih dahulu, atau jika terlanjur memproses pengisian buat durasi log saja. Di maksudkan durasi pengisian tidak nol.
  5. Menambah Durasi Log..
    Setiap jenis dan responden memiliki jumlah dan kesulitan yang berbeda dalam setiap kuisione tentu dalam mengisi kuisioner membutuhkan waktu yang berbeda. Untuk membedakan waktu antar responden anda dapat melakukanya dengan Tambah Durasi Log.
  6. Membedakan Jawaban kurikulum 2013 dan KTSP...

    Pada satuan pendidikan sekolah dasar mungkin masih ada yang menerapkan 2 kurikulum yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum ktsp. Bagi anda yang melakukan pengisian langsung menggunakan tombol proses pada Faster PMP jangan lupa untuk mengecek dan mengedit jawaban pada PTK yang menyesuaikan kurikulum kelas saat ini.
  7. Batasi dalam waktu 1 hari hanya mengisi 2 PTK saja untuk murid dan komite 3 setelah itu ganti hari tanggal berikutnya.
  8. Dan jika menggunakan fitur salin jawaban usahakan dari PTK yang menerapkan kurikulum kelas yang sama. Agar jawaban dan kondisi yang ada pada PTK tersebut sesuai dengan berlakunya kurikulum yang dijalankan. 
Catatan : Jika anda menggunakan faster pmp sebagai pengisian dan salin kuisioner cek pada kuisioner pendidikan dan juga penilaian prosentase pasti akan lebih dari 100 maka dari itu silahkan diedit secara manual. jika anda menyalin jawaban makan isioan prosentase akan kosong.
Itulah tips aman mengisi kuisioner menggunakan faster PMP versi ngintipsekolah.com, semoga dapat membantu kita sesama operator yang memang dituntut untuk bekerta ekstream dalam kondisi apapun. 

Jika ada yang menemukan atau mempunyai pengalaman dalam menggunakan faster PMP ini bisa membagikan melalui komentar di bawah.

Berlangganan via email:

0 Response to "8 Langkah Aman Mengisi Kuisioner Pemetaan Mutu menggunakan Faster PMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel