Cara Cek Dan Cetak Rapor PMP Dikdasmen

Mutu pendidikan dasar dan menengah adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengahdan/atau program keahlian. Mutu pendidikandi satuan pendidikan tidak akan meningkat tanpa diiringi dengan penjaminan mutu pendidikan oleh satuan pendidikan.
Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan.

Tujuan Dan Fungsi Penjaminan Mutu Pendidikan

  1. Tujuan
    Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah bertujuan menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.
  2. Fungsi
    Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Data dan informasi dalam sistem informasi penjaminan mutu ini digunakan untuk: 

  1. Memantau dan mengevaluasi tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan pada satuan pendidikan dan/atau program keahlian.
  2. Memantau dan mengevaluasi tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan.
  3. Acuan pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan.
Data Pendidikan Mutu Pendidikan merupakan rapor bagi lembaga sekolah Dasar dan Menengah dalam mengevaluasi SNP dari 8 standar penilaian. Rapor Mutu Pendidikan PMP dapat dilihat dengan masuk sebagai admin atau menggunakan akun operator sekolah.
Berikut langkah-langkah melihat raport PMP
  1. Buka Halaman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rapor
  2. Masuk dengan Username dan password dapodikdasmen
  3. pilih tahun yang akan dilihat rapot pmp, atau pilih sanding 2016-2017
  4. untuk download rapor bisa melalui bilah samping bergaris kemudian pilih download sesuai yang anda inginkan ada pilihan JPEG dll
  5. untuk download excel geser kebawah kemudian pilih unduh pada Konversi Format Excel.
Satuan pendidikan yang telah atau hampir memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan dapat menggunakan atau menetapkan standar di atas Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan SPMI di samping SNP. Standar pendidikan dasar dan menengah yang ditetapkan oleh satuan pendidikan dapat berupa standar pendidikan bertaraf internasional dan/atau Standar Pendidikan berbasis keunggulan lokal.

Post a Comment for "Cara Cek Dan Cetak Rapor PMP Dikdasmen"