Cara Menciptakan suasana Kondusif Di Kelas

Seorang pelajar merasa senang datang kesekolah, karena dalam pemikiran pelajar tergambar ruangan kelas yang nyaman, guru yang baik sabar dan berkompeten,teman - teman sekelas yang baik dan fasilitas fasilitas pendukung yang lengkap untuk belajar, sehingga mereka mampu berpikir produktif bekerjasama dengan teman - temanya dan mampu menyerap menerima pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Inilah gambaran dimana kelas yang kondusif mampu menarik perhatian kepada siswa untuk semangat datang ke sekolah.

Sebaliknya jika siswa berada di kelas yang gaduh , kotor, mementingkan individualisme sesama siswa ini akan membuat siswa malas datang ke sekolah, karena mereka berfikir jenuh dan kurang produktif dalam menyerap pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

Suasana yang kondusif tentu saja di dambakan oleh setiap siswa dan juga yang diinginkan oleh seorang guru pendidik di kelas. Untuk menciptkan suasana kelas yang kondusif tersebut tentunya setiap guru perlu memperhatikan beberapa cara berikut :

  1. Pengamatan Karakter Siswa
    Setiap guru pengajar harus bisa melihat dan memahami karakter dari masing - masing siswa. Karena setiap siswa akan memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainya. Terlebih meraka tumbuh di tempat tinggal , lingkungan, dan latar belakang yang berbeda. Jika guru bisa memahami karakter dari setiap siswa, maka sangatlah mudah untuk menentukan model pembelajaran yang akan di smpaikan dan tugas kelas tersebut.
  2. Membuat Peraturan dan Tata Tertib
    Setiap guru kelas harus bisa memodifikasi dan membuat peraturan pada setiap kelasnya masing - masing. peraturan dan tata terbib ini dibuat demi kemajuan siswa, karena dalam setiap kelas pasti ada salah satu anak yang bandel, kurang disiplin dan sang pembuat onar, karena dulu saya juga begitu, hahaha. Dengan adanya tata tertib kelas itu akan membuat anak lebih disiplin dan peka terhadap tanggung jawab sebagai siswa.
  3. Menguasai Materi Yang Akan Di ajarkan
    Untuk yang satu ini adalah konsep untuk menekankan pada seoarang guru. Guru harus bisa mengusai materi yang akan di ajarkan kepada siswanya, karena kalau tidak maka konsentrasi siswa akan buyar karena penyampaian yang tidak disertai penguasaan materi yang baik.
  4. Konsisten
    Jika guru sudah berhasil menciptakan ruangan kelas yang kondusif maka itu harus disertai dengan komitmen untuk selalu konsisten. Karena itu akan membuat semua program yang telah dibangu sejak awal akan menjadi sia- sia jika tidak adanya konsistensi dari setiap guru.


Berlangganan via email:

0 Response to "Cara Menciptakan suasana Kondusif Di Kelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel