Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Revisi Tahun 2018

Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Revisi Tahun 2018 - Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
silabus kurikulum 2013 SD/MI revisi 2018

Pada jenjang sekolah dasar ( SD ) pembelajaran yang paling cocok adalah dengan menggunakan pendekatan Tematik. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik ini mencakup semua kompetensi mata pelajaran antara lain : PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS , Seni Budaya Dan Prakarya ( SBDP ), dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan ( PJOK ).

Komponen Pada Silabus 2018

Silabus Revisi Tahun 2018 ini lebih menekankan pada pembelajara yang mengarah kepada pendidikan penguatan karakter ( PPK ). PPK merupakan gerakan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga denga melibatkan kerjasama dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,sebagai gerakan nasional revolusi mental ( GNRM ).

Pada silabus revisi 2018 ini didalamnya sudah terdapat KI, KD, Materi Pokok Pembelajaran dan susunan silabus  pada setiap kelas dan tema setiap pembelejaran, serta model silabus yang digunakan pada setiap kelas jenjang sekolah SD/MI.

Silabus tematik oleh Pusat Kurikulum

Silabus tematik yang dikembangkan oleh Pusat kurikulum dan pembukuan dalam suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.

Satuan Pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini dan juga mengadaptasikan sesuai dengan karakter yang terdapat pada satuan pendidikan.
Silabus tematik kurikulum 2013 revisi 2018 dapat digunakan oleh bapak / ibu dalam mengembangkan suatu pembelajaran yang disesuaikan dengan metode pembelajaran yang diinginkan.

Silabus memberikan contoh pengembangan yang bisa diterapkan dalam membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) yang disesuaiakan denga metode pembelajaran yang digunakan.

Post a Comment for "Model Silabus Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Revisi Tahun 2018"