Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi Terbaru

Sahabat ngintip sekolah kali ini saya akan berbagi file buku guru kelas 1 kurikulum 2013 semester 2 yang mencakup 4 tema, tema 5 sampai dengan Tema 8. Buku guru yang akan saya bagikan ini berformat PDF yang dapat di buka untuk di baca kapanpun dan dimanapun bapak/ibu berada.
Buku guru semester 2 kurikulum 2012


Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan.

Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas yang dapat dikembangkan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengacu silabus yang telah ditetapkan.

Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 1 ?

Buku guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi ( sikap, pengetahuan, dan keterampilan ) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut. 
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Download Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 2
Kelas I Buku Tema 5 BG [ Unduh ]
Kelas I Buku Tema 6 BG [ Unduh ]
Kelas I Buku Tema 6 BG [ Unduh ]
Kelas I Buku Tema 6 BG [ Unduh ]

Bagaimana Cara Menggunakan Buku Guru ?

Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Semua metode pembelajaran yang dilaksanakan terdapat pada buku guru ini, seperti tehnik dan Instrumen Penilaian.

Penilaian dilakukan secara autentik untuk melihat kemajuan belajar siswa yang meliputi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan

Post a Comment for "Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi Terbaru"