Aplikasi Koreksi Dan Analisis Soal Pilihan Ganda Serta Esay Otomatis

aplikasi koreksi dan analisis soal otomatis
Aplikasi Koreksi Soal Pilihan Ganda Dan Esay - Sudah menjadi tugas dari seorang guru untuk memberikan penilaian pada setiap materi pembelajaran. Melalui ujian soal-soal ulangan harian, ulangan Tengah semester ( PTS ) dan ujian Akir sekolah ( UAS ). Soal yang diberikan meliputi soal pilihan ganda dan esay yang ditentukan sesuai dengan juknis kisi - kisi soal yang telah ditetapkan.

Koreksi soal ujian yang telah dilaksanakan tersebut pasti akan membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit, jika dilakukan secara manual. Untuk mempersingkat waktu dalam melakukan koreksi soal-soal tersebut, saya akan bagikan aplikasi sederhana yang dapat bapak/ibu gunakan sebagai alat bantu koreksi soal-soal ujian pada setiap peserta didik.

Aplikasi koreksi soal ini sangat mudah digunakan oleh bapak/ibu guru karena dalam proses melakukan koreksi, Bapak/Ibu guru hanya tinggal menuliskan setiap jawaban soal yang dikerjakan oleh peserta didik jumlah jawaban benar dan salah akan terhitung secara otomatis, sehingga menghasilkan nilai yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pada setiap butir soal.

Analisis Butir Soal

Bapak/ibu guru juga dapat memamfaatkan aplikasi ini sebagai analisis secara lengkap. Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian.
Analisis Butir soal

1. Tujuan analisis butir soal
  • mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum digunakan.
  • membantu meningkatkan kualitas tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif
  • mengetahui informasi diagnostik pada siswa, sudahkan mereka memahami materi yang telah diajarkan.
2. Mamfaat analisis butir soal
  • membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan.
  • sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal (seperti tes yang disiapkan guru di kelas).
  • mendukung penulisan butir soal yang efektif.
  • secara materi dapat memperbaiki tes di kelas.
  • dan lain-lain
Bapak/ibu dapat memamfaatkan aplikasi ini sebagai koreksi soal otomatis dan juga dapat digunakan sebagai analisis butir soal tanpa harus membuat analisis secara manual. Jika bapak ibu beminat untuk mencaba aplikasi koreksi soal sederhana ini dapat mengunduh langsung melalui link di bawah ini :
KOREKSI SOAL PILIHAN GANDA DAN ESAY
[ model 1. unduh ]
[ model 2, unduh ]

Cara menggunakan aplikasi koreksi dan analisis

Format aplikasi butir soal ini terdiri dari 4 sheet yang saling berkaitan langsung dengan hasil akhir yang akan di dapat oleh setiap peserta didik. berikut sedikit panduan untuk menggunakan aplikasi koresksi soal pilihan ganda dan esay.

1. Tabel Data
Bapak ibu dapat memulai pengisian mulai dari sheet DATA, dengan mengisikan identitas lembaga, mata pelajaran, tahun pelajaran, semester yang dilaksanakan, dan nama wali kelas.
Kemudian memasukan Rincian Kunci Jawaban pada kolom yang telah disediakan, dan isi jawaban pada sestiap peserta didik, ( pengisian menggunakan huruf kapital ) Secara Otomatis jumlah jawaban slah dan benar akan terhitung serta nilai juga akan otomatis terisi sesuai dengan point maksimal yang diberikan.

2. Sheet Proses, Laporan dan Analisis
Pada sheet ini bapak ibu dapat melihat proses koreksi soal yang telah dimasukan pada tabel isian jawaban sheet DATA. Sheet ini dibuat secara otomatis menggunakan rumus jadi bapak ibu tidak perlu melakukan tindakan apapun pada sheet Proses.

Dengan menggunakan aplikasi ini bapak/ibu dapat melakukan koreksi sekaligus membuat analisis butir soal yang dimamfaatkan sebagai evaluasi tingkat kesulitan dan pemahaman materi pembelajaran melalui soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Post a Comment for "Aplikasi Koreksi Dan Analisis Soal Pilihan Ganda Serta Esay Otomatis"